bagian bagian dalam otomotif + perawatannya


Merawat Busi Mobil
Dalam artikel sederhana ini, akan diuraikan kepada Anda lima cara pintar merawat busi mobil. Jika Anda selalu merawat busi Anda dengan cara pintar ini, mesin mobil Anda tak akan mengalami keluhan dengan busi.
  • Bersihkan Lubang Busi Mobil
Anda jangan terburu-buru memeriksa busi mobil. Anda harus terlebih dahulu membersihkan lubangnya dengan kain bersih. Di saat sedang melakukan pembersihan, Anda juga harus waspada apakah kondisi penutup busi mobil Anda masih dalam kondisi baik atau tidak. Penutup busi mobil memiliki peran dalam merawat busi mobil juga lho.
  • Jangan Lepaskan Busi Mobil dengan Kunci Pas
Meski bentuk busi mobil yang satu dengan mobil yang lainnya terkadang sama, tapi jangan pernah Anda melepaskannya denga kunci pas. Anda wajib melepaskan busi mobil dengan kunci busi. Karena pada umumnya setiap mobil mempunyai tipe kunci yang berbeda.
  • Rawat Busi Mobil Anda dengan Minyak Tanah
Setelah busi mobil Anda lepaskan, rawatlah atau bersihkanlah dengan menggunakan minyak tanah. Setelah busi itu bersih, keringkanlah. Lalu Anda bersihkan electrode masa dengan kikir plat tipis. Dan jangan lupa ukur celah besi untuk mengoptimalkan kinerja busi.
  • Begini Cara Mengukur Celah Busi
Anda harus mengukur celah busi berdasarkan ketentuan pabrik mobil Anda yang ada di buku panduan service mobil. Jika celah busi terlihat renggang, maka artinya tingkat pengapiannya akan berkurang. Efek sampingnya akan menyebabkan turunya performa masih dan meningkatkan pemakaian bahan bakar. Lalu, tahukah Anda celah busi yang ideal? Celah busi yang ideal adalah, berkisar 0,8-1,2 mm.
Jika Anda masih ragu, jangan lupa saat Anda menyervice mobil di bengkel langganan, Anda menanyakan ukuran celah busi yang tepat untuk mobil Anda berapa. Perlu Anda tahu, dalam beberapa model, busi premium justru dirancang agar tidak bisa berubah ukuran gap-nya.
  • Cara memperpanjang Usia Pemakaian Busi Mobil
Anda harus melakukan pembersihan busi secara teratur. Karena itu, agar usia pemakaian busi mobil Anda, setiap 5.000 km Anda harus membersihkan busi dengan tiupan angin atau sikat khusus. Akan tetapi, jika kondisi busi mobil Anda sudah tampak buruk, jangan ragu-ragu untuk menggantinya. Harganya cukup murah kok! Harga busi berkisar Rp. 20.000-100.000. Harga busi mobil tergantung dari jenis busi yang ingin digunakan dan kenderaan Anda sendiri.
Sudah pintarkan Anda sekarang merawat busi mobil? Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk Anda.

PISTON

Piston


Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik, dan silinder pompa.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
  • Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
  • Membuka-tutup jalur aliran.
  • Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).

Piston mesin

Piston dengan 2 ring kompresi dan 1 ring oli, waktu dikeluarkan dari silinder mesin
Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy).

Ring piston

Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.

Kepala Silinder dan Kelengkapannya
CYLINDER HEAD
Kepala silinder (Cylinder Head) ditempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup. Kepala silinder harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi selama mesin bekerja. Oleh karena itu umumnya kepala silinder dibuat dari besi tuang.
Saat ini banyak mesin yang kepala silindernya dibuat dari paduan alumunium. Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium memiliki kemampuan pendingin yang lebih besar disbanding dengan yang terbuat dari besi tuang. Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan mantel pendingin yang dialiri air pendingin yang dating dari blok silinder untuk mendinginkan mesin.
     Pada kepala silinder ditempatkan ruang bakar, tempat terjadinya pembakaran bahan bakar. Bentuk ruang bakar sangat berpengaruh dengan adanya penempatan dua buah katup dan busi. Ada beberapa macam atau jenis ruang bakar yang umum digunakan antara lain :
1. Ruang bakar Model Setengah Bulat
Ruang bakar model setengah bulat (Hemispherical Combustion Chamber) ini mempunyai permukaan yang kecil dibanding dengan jeenis ruang bakar lain yang kapasitasnya sama. Ini berarti panas yang hilang sedikit (efisiensi panasnya tinggi) disbanding dengan model lainnya. Di samping itu memungkinkan efisiensi saat pemasukaan dan pembuangaan (inteake dan exhaust) lebih tinggi. Ruang bakar model ini konstruksinya lebih sempurna, tapi penempatan mekanis katupnya menjadi lebih rumit.
2. Ruang Bakar Model Baji
Ruang bakar model Baji (Wedge type combustion chamber) ini kehilangan panasnya kecil, konstruksi mekanisme katupnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat
3. Ruang Bakar Model Bak Mandi
Ruang bakar model bak mandi (Bathtup type combustion chamber) konsstruksinya sederhana, dan biaya produksinya lebih rendah. Hal ini saat penghisapan (intake) atau pembuangan (exhaust) kurang sempurna disbanding dengan jenis ruang bakar model setengah bulat.
4. Ruang Bakar Model Pent Roof
Ruang bakar model Pent roof ini umumnya digunakan pada mesin yang mempunyai jumlah katup hisaap atau katup buang lebih dari 2 dalam tiap-tiap silinder, yang disusun sedemikian rupa antara katup dan poros noknyaa. Disebut model pent roof sebab membentuk segi empat, baik tegak atau mendatar. Model ini selain memberikan efek semburan yang baik dan lebih cepat terbakar, juga penempatan businya ditengah-tengah ruang bakar.
5. PACKING / GASKET
Antara Kepala Silinder dan Blok Silinder dipasangkan Gasket/paking. Berfungsi untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar