Merawat Busi Mobil
Dalam artikel sederhana ini, akan
diuraikan kepada Anda lima cara pintar merawat busi mobil. Jika Anda
selalu merawat busi Anda dengan cara pintar ini, mesin mobil Anda tak
akan mengalami keluhan dengan busi.
- Bersihkan Lubang Busi Mobil
Anda jangan
terburu-buru memeriksa busi mobil. Anda harus terlebih dahulu
membersihkan lubangnya dengan kain bersih. Di saat sedang melakukan
pembersihan, Anda juga harus waspada apakah kondisi penutup busi mobil
Anda masih dalam kondisi baik atau tidak. Penutup busi mobil memiliki
peran dalam merawat busi mobil juga lho.
- Jangan Lepaskan Busi Mobil dengan Kunci Pas
Meski bentuk busi
mobil yang satu dengan mobil yang lainnya terkadang sama, tapi jangan
pernah Anda melepaskannya denga kunci pas. Anda wajib melepaskan busi
mobil dengan kunci busi. Karena pada umumnya setiap mobil mempunyai
tipe kunci yang berbeda.
- Rawat Busi Mobil Anda dengan Minyak Tanah
Setelah busi mobil
Anda lepaskan, rawatlah atau bersihkanlah dengan menggunakan minyak
tanah. Setelah busi itu bersih, keringkanlah. Lalu Anda bersihkan
electrode masa dengan kikir plat tipis. Dan jangan lupa ukur celah besi
untuk mengoptimalkan kinerja busi.
- Begini Cara Mengukur Celah Busi
Anda harus mengukur
celah busi berdasarkan ketentuan pabrik mobil Anda yang ada di buku
panduan service mobil. Jika celah busi terlihat renggang, maka artinya
tingkat pengapiannya akan berkurang. Efek sampingnya akan menyebabkan
turunya performa masih dan meningkatkan pemakaian bahan bakar. Lalu,
tahukah Anda celah busi yang ideal? Celah busi yang ideal adalah,
berkisar 0,8-1,2 mm.
Jika Anda masih
ragu, jangan lupa saat Anda menyervice mobil di bengkel langganan, Anda
menanyakan ukuran celah busi yang tepat untuk mobil Anda berapa. Perlu
Anda tahu, dalam beberapa model, busi premium justru dirancang agar
tidak bisa berubah ukuran gap-nya.
- Cara memperpanjang Usia Pemakaian Busi Mobil
Anda harus
melakukan pembersihan busi secara teratur. Karena itu, agar usia
pemakaian busi mobil Anda, setiap 5.000 km Anda harus membersihkan busi
dengan tiupan angin atau sikat khusus. Akan tetapi, jika kondisi busi
mobil Anda sudah tampak buruk, jangan ragu-ragu untuk menggantinya.
Harganya cukup murah kok! Harga busi berkisar Rp. 20.000-100.000. Harga
busi mobil tergantung dari jenis busi yang ingin digunakan dan
kenderaan Anda sendiri.
Sudah pintarkan Anda sekarang merawat
busi mobil? Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk Anda.
PISTON
Piston
adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik,
dan silinder pompa.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
PISTON
Piston
Tujuan piston dalam silinder adalah:
- Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
- Membuka-tutup jalur aliran.
- Kombinasi dari hal di atas.
Piston mesin
Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy).Ring piston
Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.Kepala Silinder dan Kelengkapannya |
CYLINDER HEAD
Kepala
silinder (Cylinder Head) ditempatkan dibagian atas blok silinder. Pada
bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup.
Kepala silinder harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi
selama mesin bekerja. Oleh karena itu umumnya kepala silinder dibuat
dari besi tuang.
Saat
ini banyak mesin yang kepala silindernya dibuat dari paduan alumunium.
Kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium memiliki kemampuan
pendingin yang lebih besar disbanding dengan yang terbuat dari besi
tuang. Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan mantel pendingin yang
dialiri air pendingin yang dating dari blok silinder untuk mendinginkan
mesin.
Pada kepala silinder ditempatkan ruang bakar, tempat
terjadinya pembakaran bahan bakar. Bentuk ruang bakar sangat berpengaruh
dengan adanya penempatan dua buah katup dan busi. Ada beberapa macam
atau jenis ruang bakar yang umum digunakan antara lain :
1. Ruang bakar Model Setengah Bulat
Ruang
bakar model setengah bulat (Hemispherical Combustion Chamber) ini
mempunyai permukaan yang kecil dibanding dengan jeenis ruang bakar lain
yang kapasitasnya sama. Ini berarti panas yang hilang sedikit (efisiensi
panasnya tinggi) disbanding dengan model lainnya. Di samping itu
memungkinkan efisiensi saat pemasukaan dan pembuangaan (inteake dan
exhaust) lebih tinggi. Ruang bakar model ini konstruksinya lebih
sempurna, tapi penempatan mekanis katupnya menjadi lebih rumit.
2. Ruang Bakar Model Baji
Ruang
bakar model Baji (Wedge type combustion chamber) ini kehilangan
panasnya kecil, konstruksi mekanisme katupnya lebih sederhana bila
dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat
3. Ruang Bakar Model Bak Mandi
Ruang
bakar model bak mandi (Bathtup type combustion chamber) konsstruksinya
sederhana, dan biaya produksinya lebih rendah. Hal ini saat penghisapan
(intake) atau pembuangan (exhaust) kurang sempurna disbanding dengan
jenis ruang bakar model setengah bulat.
4. Ruang Bakar Model Pent Roof
Ruang
bakar model Pent roof ini umumnya digunakan pada mesin yang mempunyai
jumlah katup hisaap atau katup buang lebih dari 2 dalam tiap-tiap
silinder, yang disusun sedemikian rupa antara katup dan poros noknyaa.
Disebut model pent roof sebab membentuk segi empat, baik tegak atau
mendatar. Model ini selain memberikan efek semburan yang baik dan lebih
cepat terbakar, juga penempatan businya ditengah-tengah ruang bakar.
5. PACKING /
GASKET
Antara
Kepala Silinder dan Blok Silinder dipasangkan Gasket/paking. Berfungsi
untuk mencegah kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar